SMP KATOLIK SANTU PETRUS

Selamat memasuki masa prapaskah 2021

Makna Rabu Abu

Umat Katolik di dunia memasuki masa puasa 40 hari ditandai dengan perayaan Rabu Abu 17 Februari 2021.

Rabu Abu adalah hari raya Kristen Katolik untuk beribadah dan berpuasa, meskipun bukan merupakan suatu hari raya wajib. Rabu Abu sebagai tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus.


Dalam gereja Kristen tradisi/ritus barat (termasuk Gereja Katolik Roma dan Protestanisme), Rabu Abu adalah hari pertama masa Pra-Paskah dalam liturgi tahunan gerejawi. Hari tersebut ditentukan jatuh pada hari Rabu, 40 hari sebelum hari Paskah tanpa menghitung hari-hari Minggu, atau 44 hari (termasuk hari Minggu) sebelum hari Jumat Agung.


Nama Rabu Abu berasal dari pengolesan abu pertobatan di dahi para jemaat disertai dengan ucapan "Bertobatlah dan percayalah pada Injil" atau diktum "Ingatlah bahwa engkau adalah debu, dan engkau akan kembali menjadi debu". Di masa pandemi covid-19, abu pertobatan tidak dioleskan di dahi melainkan ditabur di kepala. Abu tersebut dipersiapkan dengan membakar daun palem dari perayaan Minggu Paskah tahun sebelumnya.


Pada hari itu umat yang datang ke Gereja dahinya diberi tanda salib dari abu sebagai simbol upacara ini. Simbol ini mengingatkan umat akan ritual Israel kuno di mana seseorang menabur abu di atas kepalanya atau di seluruh tubuhnya sebagai tanda kesedihan, penyesalan, dan pertobatan (misalnya seperti dalam Kitab Ester, yaitu Ester 4:1, 3).



Sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/16/arti-rabu-abu-lengkap-21-link-live-streaming-rabu-abu-17-februari-2021-perayaan-rabu-abu-2021-beda.

Pendaftaran SMP Katolik santu petrus

Informasi Pendaftaran SMP Santu Petrus.mp4

Contingency Plan SMPK SANTU PETRUS

Contingency Plan SMPK Santu Petrus